Inilah Kunci Agar Nilai Ujian Diatas Rata-Rata

“Sudah lelah belajar setiap hari tapi nilai gitu-gitu aja”. Adakah yang punya pikiran seperti itu? mungkin ada, bahkan juga banyak diantaramu yang tidak mengalami perkembangan nilai yang memuaskan. Penyebabnya sederhana kamu belum tahu kunci memperbaiki nilai ujian agar diatas rata-rata. Karena itu, kamu belum bisa mencapai nilai yang optimal.

Kunci Agar Nilai Bagus

Kamu harus tahu dulu kunci agar semua nilai mata pelajaranmu diatas rata-rata bahkan bisa mendapat nilai A. Inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan.

1. Target jangan terlalu tinggi
Kalau biasanya kamu mendapat nilai C pada mata pelajaran matematika. Maka kamu harus pasang target agar diujian berikutnya kamu bisa memperoleh nilai yang lebih baik. Tapi, jangan terlalu tinggi. Misalnya nilai kamu di ujian kemarin C, maka ujian berikutnya kamu bisa menargetkan nilai C+ atau B. Jangan tiba-tiba menargetkan untuk mendapat nila A, apalagi A+. Belajar materi yang bukan keahlianmu tidak bisa instan. Perlu waktu yang tidak sebentar untuk bisa memahaminya.

2. Tidak cenderung pada satu mata pelajaran saja
Belajarlah yang seimbang. Jangan karena kamu suka Bahasa Inggris, lalu kamu cuma belajar belajar Bahasa Inggris saja. Kamu harus belajar mata pelajaran lain dengan porsi yang begitu jauh bedanya dengan waktu belajar Bahasa Inggrismu. Kamu harus adil pada pembagian waktu belajar. Kalau kamu hanya memberikan waktu berkualitasmu untuk Bahasa Inggris, maka mata pelajaran lain akan ketinggalan.

3. Latihan lebih banyak pada bab yang dirasa rumit
Setiap mata pelajaran pasti mempunyai bab yang rumit. Baik itu  Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Ekonomi, dan mata pelajaran lain pun sama. Semua punya kesulitan pada materi tertentu. Disini kamu harus berbagi porsi belajarmu dengan baik dan benar. Belajar bab yang rumit dengan waktu yang lebih lama, karena bab yang rumit membutuhkan pemahaman dan usaha yang lebih juga. Supaya nanti nilaimu tidak jatuh pada bab ini.

4. Percaya diri pada semua mata pelajaran
Percaya diri adalah faktor penting agar kamu bisa berhasil. Termasuk dalam ujian. Serumit apapun mata pelajaran yang diujikan kamu harus percaya diri kalau kamu bisa mengerjakannya dengan benar. Karena denga percaya diri, kamu akan berpikir positif pada kemampuanmu sendiri. Dan  keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri akan membuatmu bisa menguasai mata pelajaran apapun.

5. Lebih proaktif dalam bertanya kepada yang lebih tahu
Sebagai siswa kamu tidak boleh “nrimo” saja dengan apa yang ada atau apa yang diberikan. Jadilah siswa yang proaktif, yang mampu melakukan lebih dari siswa-siswa lain lakukan. Misalnya kalau kamu memang tidak mengerti materi yang dijelaskan oleh gurumu, jangan ragu untuk bertanya lebih dulu. Kamu tidak perlu menunggu gurumu bertanya apakah kamu sudah memahaminya materinya atau belum. Karena yang tahu seberapa besar pemahamanmu ya kamu sendiri. Guru akan tahu kalau sudah mengajukan pertanyaan berupa soal-soal latihan kepadamu.

Tidak mudah memang meraih nilai tinggi disemua mata pelajaran yang ada disekolah. Karena setiap orang punya kekurangan dan kelebihan termasuk didalam memahami mata pelajaran juga. Kalau tujuanmu adalah memperbaiki nilai ujian agar diatas rata-rata, maka kamu harus adil. Adil disini bukan hanya kamu membagi waktu yang sama bagi semua mata pelajaran. Tapi lebih kepada belajar sesuai dengan porsinya. Semua hasil nilaimu nanti akan bergantu denga usaha belajarmu dan bagaimana kamu menghadapi ujianmu.