Tips Menjadi Siswa Berprestasi

menjadi-siswa-yang-berprestasi

Mau menjadi siswa yang berprestasi baik di sekolah atau sukses di kehidupan nyata?

Jawabannya pasti MAU.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan prestasi yang kita raih seperti penghargaan oleh sahabat, guru serta orangtua yang menjadi bahagia. Bukan sekedar penghargaan, kualitas dan pencapian hidup akan kita dapatkan melebihi apa yang dicapai oleh orang lain.

Untuk jadi siswa berpestasi, pasti ada langkah-langkah yang terukur? langkah-langkah tersebut biasanya diketahui oleh segelintir orang saja. Padi artikel ini akan kita bahas tentang cara tersebut.

Ada 5 cara yang bisa kita gunakan untuk menjadi siswa berprestasi dan cara ini memiliki peran penting untuk mendukung kesuksesan kita di masa depan.

1. Mempunyai Tujuan yang Jelas

Banyak siswa yang malas, tidak suka sekolah dan merasa sekolah sebagai tempat yang membosankan karena tidak memiliki tujuan yang jelas kenapa mereka harus ke sekolah setiap hari. Sekolah hanya sebagai tempat yang wajib dan tidak bisa ditolak untuk didatangi.

Coba tanya kepada diri kita sendiri, apakah kita tahu secara jelas kenapa kita harus pergi ke sekolah? Jika iya, apakah hal itu penting bagi kita?

Jika tidak, sekolah hanya sebagai tempat yang HARUS bukan PERLU untuk dikunjungi, bukan?

Kata harus dan perlu sangat berbeda. Harus menandakan adanya unsur paksaan sedangkan perlu karena kita ingin dan butuh pada hal tersebut.

Tujuan menentukan bagaimana kita berpikir dan bertindak. Siswa yang memiliki tujuan dalam belajar bisa lebih fokus akan hal-hal yang mendukung pencapaian tujuan mereka.

Ini sangat jelas, memiliki tujuan itu sangat penting. Memiliki tujuan akan mempengaruhi niat, keinginan yang kuat, disiplin serta rajin belajar untuk mencapai satu tujuan.

Jika Kita belum membuat tujuan dalam belajar, mulai saat ini juga kita perlu membuatnya. Luangkanlah sedikit waktu kita untuk hal tersebut. Buatlah tujuan yang bermakna bagi kita. Semakin bermakna satu tujuan, semakin kita bersemangat untuk mencapainya.

2. Mempunyai Skill Belajar

Hal ini yang harus dimiliki setiap siswa Indonesia agar prestasi belajarnya bisa meningkat. Dengan memiliki skill belajar, seorang siswa bisa menikmati proses belajar dan tentunya akan mempengaruhi persepsi mereka tentang belajar dan sekolah itu sendiri.

Mungkin ada bertanya, kenapa skill belajar begitu penting?

Skill belajar bermaksud untuk menjadikan proses belajar jadi lebih mudah. Mulai dengan cara belajar yang benar; cara memanfaatkan informasi dari buku yang ada, cara menghafal, serta penerapan materi pelajaran dalam kehidupan kita sehari-hari.

Inilah sesuatu yang tidak banyak dimiliki oleh siswa kita di sekolah. hal ini menjelaskan kenapa belajar dan sekolah tidak menyenangkan bagi siswa. Semoga suatu saat nanti setiap sekolah yang ada di Indonesia bisa memberikan skill belajar yang efektif untuk semua siswa.

3. Membaca Buku Pengembang Diri

Sebagai siswa, tidak harus terpaku pada buku pelajaran yang ada di sekolah saja. Cobalah untuk membaca buku-buku motivasi dan pengembangan diri yang ada di luar.

Akan banyak ide dan informasi yang berharga dan bisa kita dapatkan di sana. Seperti perjalanan dan perjuangan hidup orang-orang sukses, cara berpikir, kerja keras yang cerdas, kekuatan dari impian dimana hal itu tidak mudah didapatkan di kehidupan kita sehari-hari.

Jika kita ingin sukses di masa depan, maka membaca buku merupaakan suatu kewajiban. Ini akan membantu kita mempersipkan diri mulai dari sekarang.

4. Membangun Kebiasaan Sukses

Rata-rata setiap orang sukses memiliki kesamaan. Seperti cara pikir, kebiasaan, sifat dan karakternya. Tugas Kita sebagai siswa adalah membentuk kebiasaan sukses. Dengan membaca buku contohnya.

Lihat dan perhatikan kebiasaan-kebiasaan orang sukses dibidang mereka masing-masing. Tentunya akan sesuai dengan minat dan impian yang ingin dicapai oleh kita di masa depan.

Jika Kita ingin menjadi pengusaha sukses, lihatlah kebiasaan mereka dan duplikat kebiasaan orang-orang sukses sebagai pengusaha. Mulai dari cara berpikir, berbicara, dan bertindak.

Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat jadwal belajar. Buatlah waktu belajar dan waktu main dengan seimbang. Di mana kita bisa belajar lebih kondusif, tenang dan mampu mengingat semua informasi yang telah dipelajari, dengan demikian kita akan memiliki waktu untuk main.

5. Belajar Mengendalikan Diri

Para siswa pada umunya tidak bisa menahan diri pada keinginan mereka sendiri. Mereka lebih cenderung bertindak karena ikut-ikutan teman atau rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Hal ini dipengaruhi dengan masa perkembangan Siswa.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak mendukung pada kemajuan diri serta melakukan hal penting dalam hidup kita, maka kita perlu memiliki pengendalian diri yang baik.

Hal ini bisa terwujud dengan latihan dan fokus pada tujuan awal. Ini tidak mudah dilakukan tapi sangat penting dimiliki. Karena pengendalian diri mempunyai peran tersendiri serta berdampak besar pada kesuksesan setiap orang.

Tidak bisa sukses seseorang tanpa memiliki pengendalian diri yang baik. Setiap orang sukses akan mampu bertahan dengan kesuksesannya karena mempunyai pengendalian diri yang baik.

Pengendalian diri juga bukan sekedar mempersiapkan kesuksesan kita di masa depan tetapi untuk mendukung kita berprestasi di sekolah. Dengan pengendalian diri, kira bisa melatih untuk jadi lebih fokus, lebih berusaha dan mau memakasa pikiran untuk berpikir dalam mengatasi pelajaraan yang membutuhkan analisa tinggi.

Inilah 5 cara yang bisa kita gunkan untuk membuat kita menjadi pelajar yang berperstasi di sekolah dan sukses di kehidupan nyata.

Related posts: