Tips Menjadi Guru Privat Bahasa Inggris TK SD SMP SMA

Menjadi guru privat bahasa Inggris Tk, SD, SMP, SMA, maupun umum tidaklah mudah. Meskipun kamu sudah berpengalaman mengajar bahasa Inggris di beberapa sekolah, namun mengajar privat adalah hal yang berbeda. Banyak guru privat bahasa Inggris TK, SD, SMA, maupun jenjang yang lebih tinggi seperti mahasiswa atau karyawan merasa terbebani dan akhirnya menyerah.

Penyebabnya beragam, bisa karena kurang memahami keinginan siswa, kurangnya inovasi dalam mengajar, kurang tegas atau bahkan terlalu tegas dalam mengajar, kehilangan konsentrasi sewaktu mengajar, dan sebab-sebab individual lainnya yang akhirnya membuat si guru kurang diminati. Dalam keadaan seperti ini akhirnya si guru pun mulai sedikit demi sedikit mundur dari pejuangannya dalam dunia pendidikan.

Karena itu sebagai seorang guru kita harus selalu meningkatkan kemampuan kita. Bukan hanya dalam hal materi yang kita ajarkan, tapi juga cara mengajar dan melakukan pendekatan terhadap anak didik pun harus kita tingkatkan. Guru yang tidak update informasi pendidikan terkini tidak akan dipakai, apalagi dalam hal mengajar privat. Selain pintar, seorang guru juga harus kreatif, inovatif, dan mampu mengajar anak didiknya dengan baik dan benar.

Nah, supaya kita selalu menjadi guru privat favorit, kita perlu mengembangkan potensi yang kita miliki. Yaitu dengan cara;

1. Ikut Seminar Kependidikan

Sebagai seorang guru kita harus selalu meng-upgrade pengetahuan kita. Dunia pendidikan terus berkembang pesat. Apalagi sejak adanya internet. Dahulu kita bisa mengajar hanya dengan buku. Tapi sekarang kita harus bisa komputer, internet, dan bebagai perangkat teknologi pendidikan lainnya. Untuk itulah seorang guru harus sering mengikuti seminar tentang pendidikan. Supaya kita tidak terlalu ketinggalan dengan perkembangan pendidikan dunia saat ini. Rajin ikut seminar pendidikan juga akan membuat kita memiliki banyak teman baru sesama pendidik dari daerah yang mungkin belum kita ketahui.

2. Membaca buku berbagai genre

Buku adalah jendela dunia. Meskipun kita seorang guru, tapi kita juga harus tahu ilmu-ilmu lain. Bukan hanya ilmu cara mengajar dengan baik dan benar, tapi kita juga harus memiliki pengetahuan tentang kesehatan, psikologi, dan bahkan seni. Karena ketika mengajar kita akan mengalami hal-hal yang kadang tidak terduga. Terkadang ada anak yang tiba-tiba pingsan, disini tentu kita harus tahu bagaimana teknik dasar menolong anak yang pingsan. Dalam kasus lain terkadang ada anak yang sangat sulit bekonsentrasi dalam belajar. Nah, kita harus bisa menjadi psikolog untuk anak yang punya masalah belajar seperti ini.

3. Aktif mengikuti berbagai lomba

Untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan guru , ada baiknya para guru mengikuti berbagai macam kompetisi untuk guru. Biasanya lomba seperti ini diadakan oleh lembaga pendidikan, pemerintah, maupun sekolah-sekolah. Untuk guru bahasa Inggris, biasanya ada lomba yang berkaitan dengan bahasa Inggris atau ada juga seminar bahasa internasional yang diawali dengan pengajuan proposal.

4. Rajin mengikuti perkembangan dunia pendidikan

Informasi dari dunia pendidikan sekarang lebih mudah diakses karena perkembangan teknologi. Sekarang informasi dunia pendidikan bahkan bisa dilihat hanya melalui smartphone. Jadi, tidak ada istilah ketinggalan informasi. Guru yang kurang update akan mengalami penurunan kewibawaan dimata muridnya.
Seorang guru privat TK, SD,SMP, SMA, atau umum tentu harus update. Meski menjadi guru privat tidak terikat dengan lembaga sekolah, tapi sebagai guru privat TK, SD, SMP, SMA, ataupun umum harus lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Supaya anak-anak didiknya tidak cepat bosan dalam belajar.

Related posts: