Tips Mengajar Les Privat Yang Menyenangkan

tips-mengajar-les-privat-di-rumah

Mengajar adalah salah satu pengabdian seorang guru. Termasuk salah satunya guru les privat ke rumah. Sebenarnya, tidak mudah mengajar les, apalagi les privat. Sebagai guru, kita perlu lebih kreatif, inovatif, dan ekstra sabar.

Kenapa begitu?

Anak belajar les privat biasanya setelah pulang sekolah. Bayangkan saja dengan banyaknya kegiatan belajar sampai setengah hari. Belum lagi kegiatan ekstrakurikuler yang sekarang wajib diikuti oleh anak-anak dari Sekolah Dasar sampai SMA. Tentu mereka sangat lelah.

Bukan karena mereka malas, tapi karena mereka sudah lebih dulu penat dengan segala kegiatan sekolah. Bukan tidak mungkin suatu saat mereka akan mogok sekolah karena sudah terlalu jenuh dan merasa banyak tekanan. Untuk itu, guru les privat harus punya trik jitu agar anak didiknya tidak bosan. Nah, berikut ini tips agar anak tidak bosan ketika les privat.

1. Pilihlah jadwal setelah anak istirahat cukup

Penjadwalan yang tepat penting untuk mengimbangi stamina anak. Anak sudah lelah dengan berbagai kegiatan sekolah. Ada baiknya mereka dibiarkan istirahat dulu selama kurang lebih satu jam supaya mereka lebih fresh untuk belajar lagi. Istirahat siang baik untuk perkembangan otak. Selain itu, istirahat siang juga membuat mood mereka lebih baik.

2. Ganti suasana ruang belajar

Belajar tidak harus selalu di ruang belajar. Ajaklah anak untuk belajar diruang bermain. Nah, disini guru bisa menggunakan mainan yang ada sebagai alat peraga yang sesuai dengan materi yang sedang dibahas. Kaitkan saja materi dengan lingkungan sekitar tempat belajar. Usahakan untuk berganti ruangan setiap kali bertemu. Jadi, anak tidak merasa bosan dengan suasana yang variatif.

3. Gunakan alat peraga

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa guru bisa menggunakan alat peraga yang ada disekitar tempat belajar. Akan lebih baik lagi jika guru membawa alat peraga dari tempat bimbingan belajar. Itu artinya, guru les sudah benar-benar siap mengajar dengan persiapan yang matang. Atau kalian biasa membuat alat peraga bersama-sama. Hal ini tentu lebih menyenangkan lagi. Karena anak tidak hanya belajar tentang materi yang disertai alat peraga. Tapi, dia bahkan tahu proses pembuatan alat peraga itu sendiri yang tentu akan menambah kuat memori anak tentang materi yang sedang dipelajari.

4. Ajak anak menonton video

Hampir semua anak suka menonton. Hal ini bisa dimanfaatkan agar anak bisa belajar dengan hati yang senang. Putarkan video yang berkaitan dengan materi pelajaran. Misalnya anak sedang belajar huruf dan angka, maka guru bisa memutar video yang berisi lagu-lagu alfabet dan angka. Atau ketika anak sedang belajar materi tentang alam semesta, carilah video tentang alam semesta. Belajar dengan menonton video bisa menjadi alternatif menghilangkan rasa bosan belajar yang biasanya hanya dengan melihat huruf dan angka.

5. Berikan hadiah

Anak-anak suka sekali hadiah. Tapi, kalau sedang mengajar anak usia remaja biasanya mereka lebih suka ditraktir baik itu es krim, coklat, atau pulsa. Beri saja mereka hadiah misalnya jika mereka mendapat nilai yang lebih tinggi, atau karena mereka tidak menyontek, bahkan mereka bisa diberi hadiah karena mereka rajin sekolah tepat waktu. Hargailah usaha mereka. Meski hadiah yang kita berikan tidak mahal, tapi itu cukup mendekatkan kita dengan anak-anak les kita.

Menyenangkan bukan mengajar les privat? Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari banyak sumber kreatifitas. Anak mudah bosan dan lelah. Karena itu, sebagai guru kita harus selangkah lebih maju. Apalagi kita adalah guru les privat ke rumah. Hanya ada anak dan kita. Tentu mereka akan lebih mudah jenuh.