Sosok Ideal Guru Les Privat untuk Anak SD

Layakkah membandingkan guru sekolah dengan guru les privat untuk anak SD atau Sekolah Dasar? Persoalan ini layak didiskusikan mengingat ada banyak persoalan yang dihadapi dan melingkupi anak-anak SD. Persoalan ini tidak akan ditemukan pada anak SMP ataupun SMA.

Masalah pertama dan terpenting yang biasanya dihadapi anak-anak SD adalah dari sisi internal mentalitas dan kepribadian anak-anak itu sendiri. Prestasi belajar yang naik turun, sikap malas atau ketakutan masuk sekolah akibat gangguan teman, hingga persoalan antar jemput.

Persoalan ini biasanya lantas tumpang tindih dengan komunikasi dan pola pendidikan yang terbangun di dalam rumah. Terlebih dengan kurikulum baru yang membuat banyak orang tua kesulitan untuk membantu anak-anaknya dalam dalam kegiatan belajar atupun mengerjakan PR-nya.

guru les privat untuk anak SD

Namun persoalan ini juga tidak bisa segera beres dengan mengikutkan anak-anak SD dalam kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ataupun dengan mengundang guru les privat ke rumah. Selain berhubungan dengan minat dan antuasiasme anak terhadap pelajaran sekolah, memilih guru privat juga dapat memunculkan persoalan lain.

Kiat Memilih Guru Les Privat untuk Anak SD

Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan guru privat yang cocok untuk mengajar anak-anaknya yang masih duduk di bangku SD. Memilih guru les untuk anak SD jauh lebih kompleks dibandingkan untuk anak SMP ataupun SMA. Tak jarang pula orang tua yang terpaksa harus meminta pergantian guru privat karena permintaan anak-anaknya. Baca juga les privat murah.

Lantas, bagaimana sih tips atau cara memilih guru les privat untuk anak SD yang cocok tapi berkualitas? Berikut ini beberapa faktor yang dapat dijadikan pertimbangan para orang tua saat memilih guru privat.

1. Komunikasikan dan Minta Pertimbangan Anak

Meminta pertimbangan anak tentang sosok guru les yang diinginkannya adalah langkah pertama yang mesti dilakukan para orang tua. Pahami kemauan anak agar kegiatan belajar nantinya dapat berlangsung nyaman dan efektif. Saat meminta pertimbangan anak, sebaiknya tanyakan minat atau antusiasme anak dalam mengikuti les dan berikan pemahaman yang bijak tentang manfaatnya.

2. Cari Referensi dari Teman Anak atau Orang Tua Lain

Referensi teman sebaya si anak sangatlah penting. Tak jarang anak lebih mendengarkan dan menurut jika yang memberikan masukan atau pendapat adalah teman sebayanya. Selain itu orang tua juga bisa meminta referensi atau bertanya pada orang tua teman-teman anaknya yang juga pernah atau menggunakan jasa guru les. Jadi, dalam memilih guru les yang baik sebaiknya anda tidak berpatokan pada nama besar atau popularitas dari lembaga bimbel atau lembaga penyedia guru les.

3. Sampaikan Keinginan Anak pada Calon Guru Les

Sebelum memutuskan dalam memilih guru les untuk anak SD anda sebaiknya sampaikan keinginan atau sifat anak kepada calon guru. Ajak diskusi lembaga bimbel atau calon guru tentang kebutuhan anak maupun harapan anda dengan menggunakan jasa mereka. Dengan adanya saling pengertian antara orang tua dengan calon guru les privat diharapkan interaksi saat proses bimbingan belajar akan terbangun kondusif.

Demikianlah beberapa langkah atau cara mencari sosok guru les privat untuk anak SD anda dan semoga saja postingan ini bermanfaat untuk anda para orang tua yang sedang kebingungan dalam memperbaiki prestasi belajar anak.

Halo! ada yang bisa kami bantu

Chat Via WhatsApp