Peran Guru Privat SMA Pada Kelulusan Siswa

peran-guru-privat-sma

Dibalik layar, itulah peran guru privat SMA dalam usaha kerasnya meluluskan anak-anak didiknya. Ketika pengumuman kelulusan para siswa, guru privat SMA berdoa sungguh-sungguh agar anak didiknya lulus. Tapi, mereka tidak terlihat perjuangannya dimata masyarakat. Hanya siswanyalah yang tahu peran besar guru privatnya selama ini.

Siswa, orang tua, keluarga, sahabat, guru, dan kepala sekolah sama-sama berusaha keras supaya siswa-siswi SMAnya bisa lulus semua dalam ujian nasional. Mereka juga berdoa bersama dan mengadakan sedekah bersama.

Bahkan tak banyak dari mereka yang berucap nazar akan melakukan hal-hal tertentu kalau mereka lulus ujian. Ada yang bernazar akan berlari keliling lapangan sekolah, mentraktir semua guru dan teman sekelas, atau nazar unik seperti mencukur rambut sampai botak atau setengah gundul. Yah, itulah serba serbi unik ketika ujian.

Hari-hari menjelang pengumuman pun tidak kalah mendebarkan. Setiap hari ayah dan ibu berdoa. Guru-guru pun menggelar pengajian bersama atau acara hiburan lain setelah ujian. Ada juga yang harus sakit karena terlalu khawatir tidak lulus ujian. Bahkan ada yang harus dirawat di rumah sakit. Sebagian siswa memang mengalami stress pasca ujian dan sebelum hari pengumuman kelulusan ujian tiba.

Ketika hari pengumuman tiba, semua bangun sebelum subuh. Bahkan ada yang shalat tahajud hingga 12 rakaat padahal sebelumnya tidak pernah. Ada yang dari pagi sudah menelpon sanak keluarga agar tidak kecewa dengan hasil yang akan didapat nanti. Tapi, ada juga yang harus dikuatkan dan diberi nasehat agar tetap tenang menghadapi hari ujian.

Semua berdoa, terlebih orang tua dan juga guru termasuk guru privat juga. Dan begitu hasilnya baik. Semua sujud syukur. Siswa mengucapkan banyak terimakasih kepada guru sekolah dan orang tua mereka. Terlebih kepada guru privat SMA mereka selama ini. Yang telah dengan keras berjuang agar anak didiknya bisa lulus ujian.

Guru privat ini mengajar tanpa kenal lelah. Mereka mengajar banyak materi dalam waktu singkatpun dilakukan. Ada juga anak-anak yang minta belajar sampai hampir tengah malam karena benar-benar tertinggal jauh dari materi yang akan diujikan.

Guru privat bekerja tanpa kenal waktu. Ada yang harus mengajar privat dipagi hari tapi sangat sering dimalam hari. Padahal banyak juga diantara mereka yang punya banyak kegiatan disiang harinya. Tapi mereka sanggup menunda waktu istirahatnya dengan menjadi guru privat yang bertanggung jawab. Karena tujuan utamanya adalah demi kelulusan anak-anak didiknya.

Guru-guru mulia ini bukanlah pegawai pemerintah yang mendapat gaji ke-13. Bukan pula karyawan yang punya waktu cuti yang tidak bisa diganggu. Guru-guru ini adalah manusia yang berdedikasi tinggi untuk mendidik anak-anak didiknya agar meraih prestasi yang baik di sekolahnya. Mereka adalah orang yang mau berjuang demi membantu orang lain. Meski sebenarnya, mereka bisa saja memilih karir lain yang lebih menjanjikan dalam hal penghasilan. Tapi, jiwa mereka memanggil mereka untuk berperan bagi generasi penerus mereka sebagai guru privat yang bersahaja.

Yah….guru privat SMA yang berjuang tanpa dilihat banyak orang. Hanya anak didiknya dan guru privat itu sendiri yang tahu bagaimana mereka bekerjasama agar si anak memahami materi yang akan dujikan. Tapi, tidak banyak orang tahu jasa dari guru privat SMA ini. Tidak apa, mereka tetap berjasa dan menjadi salah satu penyebab suksesnya para siswa siswi SMA mencapai kelulusan dengan berbagai prestasi.

Chat Kami Via Whatsapp