Pentingnya Pesan Guru Privat Untuk Orang Tua

Setiap orang tua harus memperhatikan pesan guru privat anaknya. Salah satu faktor pendukung kesuksesan anak ada pada perhatian kedua orang tuanya. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak serta guru privatlah yang akan menjadi penyebab keberhasilan program belajar si anak. Karenanya, orang tua harus mulai memberi perhatian lebih pentingnya pesan guru privat untuk orang tua.

Brothers drawing together in living room

Guru privat mempunyai tugas membimbing anak untuk bisa memahami dan menguasai salah satu mata pelajaran yang tadinya dirasa sulit. Guru privat ini akan selalu mencatat perkembangan anak didiknya. Kemudian menjelaskan secara rinci apa yang perlu diperhatikan lebih jauh tentang perkembangan si anak.

Orang tua juga perlu menyiapkan catatan tentang pesan guru privat ini. beberapa hal yang perlu dicatat orang tua adalah;

1. Perkembangan anak selama satu bulan pertama

Setiap anak membutuhkan penyesuaian. Satu bulan pertama adalah awal perkenalan antara guru dan anak. Disini si guru harus menjelaskan atau lebih tepatnya memberikan laporan perkembangan belajar anak kepada orang tua. Termasuk pemahaman guru terhadap gaya belajar anak. Selain itu, orang tua juga harus benar-benar yakin apakah si guru ini benar-benar sesuai untuk anaknya dengan cara memperhatikan apakah interaksi keduanya berjalan sesuai dengan harapan.

2. Kendala yang dihadapi guru dan anak

Setiap anak punya kebutuhan belajar yang berbeda. Kendala yang muncul biasanya tentang kelancaran komunikasi. Dan dalah hal ini guru bisa bertanya kepada orang tua tentang cara berkomunikasi dengan anak. Orang tua perlu memperhatikan juga apa yang menjadi kendala selama proses belajar privat berlangsung dan bersama-sama berupaya mengatasi kendala yang ada.

3. Kebutuhan guru dan anak dalam kegiatan belajar privat

Terkadang ada guru yang cukup pemalu untuk tidak menyampaikan apa yang dibutuhkannya untuk mengajar anak. Meskipun, dari lembaga bimbel sudah menyiapkan perbekalan yang memadai, tapi terkadang anak membutuhkan sesuatu yang baru. Karena setiap anak itu punya daya tangkap yang tidak sama satu sama lain. Disini, orang tualah yang perlu proaktif bertanya kepada si guru tentang apa saja yang diperlukan selama proses belajar privat.

4. Kekurangan si anak

Walaupun orang tua adalah orang yang paling mengenal anaknya, tapi kekurangan anak dalam hal pendidkan, akan lebih baik kalau orang tua banyak mengkomunikasikannya dengan guru privat. Tidak hanya guru privat pada satu mata pelajaran saja, tapi semua guru privatnya. Agar orang tua juga tahu kekurangan anaknya itu ada dibagian apa. Dengan begini tidak akan terjadi kesalahpahaman nantinya antara orang tua dan guru privat maupun juga dengan anak.

5. Program rencana belajar privat selama beberapa bulan kedepan

Guru yang baik adalah guru yang sudah membuat rencana selama beberapa bulan kedepan tentang program belajar privatnya. Sedangkan, orang tua yang baik adalah orang tua yang tahu apa saja program belajar yang direncanakan oleh guru privat anaknya. Program ini penting, karena orang tua bisa melihat dengan jelas target belajar yang ingin dicapai si guru dengan mempertimbangkan kemampuan si anak.

Beberapa pesan guru privat untuk orang tua diatas harus dicatat oleh para orang tua. Tujuannya agar program belajar les privat itu terpantau tidak hanya oleh si guru tapi juga oleh orang tua. Karenanya pesan guru privat untuk orang tua ini harus diperhatikan karena merupakan salah satu pilar bagi kesuksesan belajar anak.

Related posts: