Menjadi Guru Yang Kreatif

Seorang Guru merupakan pembimbing dan penuntun untuk menjadikan seseorang menjadi pintar dan dewasa dalam berpikir. Menjdai seorang guru merupakan amanah dengan tugas yang amat berat. Harus menjadi panutan bagi siswa, guru juga harus arif serta bijaksana. Untuk jadi guru yang baik dan kreatif diperlukan usaha dan kesungguhan.

menjadi guru yang kreatif

Berikut ini tips sebagai referensi untuk jadi Guru yang kreatif.

1. Berpikir inovatif
Jiwa seorang guru yang kreatif terlahir dari sebuah pemikiran yang selalu ingin berinovasi, bervariasi dalam memberi materi pelajaran kepada siswa-siswanya.

2. Percaya diri
Sifat percaya diri dan selalu ingin berkembang harus ada pada diri guru yang kreatif. Keberhasilan seorang guru yang kreatif ada pada kepuasan siswa setelah mereka menerima materi pelajaran yang diberikan. Jika anak didik merasa tidak puas, guru yang kreatif akan peka terhadap hal ini.

Langkah berikutnya, guru kreatif akan mencoba mencari metode mengajar yang lain. Metode pengajaran yang sesuai dengan selera dan kemampuan siswanya. Sikap pantang menyerah guru kreatif untuk selalu memberikan yang terbaik kepada anak-anak didiknya.

3. Menyampaikan Materi Pelajaran Dengan Mudah
Tidak mudah memang mentransfer ilmu dari guru ke siswanya. Namun itulah merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh seorang guru. Seorang guru yang kreatif akan selalu mencoba dengan berbagai cara supaya anak didiknya bisa dengan mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.

4. Terus Belajar dan Belajar
Bagi seorang guru yang kreatif akan penuh semangat untuk terus mengembangkan diri dengan cara belajar demi kebaikan diri sendiri, para siswa, dan sekolah.

5. Cerdas Menemukan Talenta Anak Didiknya
Guru kreatif harus mempunya kepekaan kepada anak didiknya yang tinggi, seorang guru yang kreatif akan mengenal kemampuan setiap siswanya. Kemampuan masing-masing siswa bisa berupa bakat atau talenta. Dengan kepekaan yang dimiliki, seorang guru kreatif akan berusaha untuk memanfaatkan serta mengembangkan talenta yang dimiliki oleh siswanya, contohnya dengan memberikan kesempatan para siswanya untuk tampil di acara-acara sekolah.

6. Kooperatif
Seorang guru yang kreatif akan berusaha untuk belajar juga dari orang lain, karena sebagai manusia biasa guru juga mempunya banyak kelemahan. Guru yang kreatif bisa bekerjasama dengan sesama guru, para siswa, kepala sekolah, serta pihak-pihak yang berada di lingkungan sekolah. Hal seperti itu berguna untuk menyatukan misi visi diri dengan visi misi sekolah serta mengurangi kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

7. Mengajar Dengan Cara Menyenangkan
Guru yang kreatif tidak ingin para siswanya merasa bosan dan tertekan ketika dia memberikan materi pelajaran kepada anak didik. Maka guru kreatif akan mencari cara supaya para siswanya merasa nyaman dengan cara mengajar yang diberikan.