Menjadi Guru Les ke Rumah Siswa, Kenapa Tidak?

Kamu mahasiswa atau guru? Jika iya, berarti profesi sambilan yang satu ini cocok untuk kamu. Menjadi seorang guru les privat ke rumah siswa. Selain mengajar kamu juga bisa mendapat keluarga baru, yaitu keluarga anak didikmu.

Ketika kamu sudah akrab dengan anak didikmu maka kamu akan menjadi seperti saudara dengannya. Bukan tidak mungkin keluarganya pun akan menganggapmu seperti kakaknya. Kalau sudah begini, menjadi guru les privat ke rumah bukan hanya sebagai profesi semata, tapi juga penyambung atau bahkan pembuat tali persaudaraan.

menjadi-guru-les-privat-ke-rumah-siswa

Kamu juga bisa menambah pengalaman mengajarmu. Selain menjadi pengajar seseorang, kamu juga belajar bagaimana menjadi seorang guru les privat yang baik. Salah satu hal yang bisa kamu pelajari adalah tentang memahami karakter anak didik. Ini salah satu cara supaya kamu bisa lebih mengenalnya dan memahami apa yang membuatnya tertarik.

Dengan memahami karakter anak kamu bisa mengajaknya belajar dengan gayanya. Maksudnya adalah agar anak tidak merasa bahwa belajar les privat itu sebagai beban tapi sebagai suatu hal yang menyenangkan. Memahami karakter anak bagi seorang guru apa lagi guru les privat itu sangat penting. Karena akan berkaitan dengan hasil belajar yang menjadi target pada periode tertentunya nanti.

Dengan menjadi seorang guru privat yang datang ke rumah, kamu juga akan mendatangi tempat-tempat baru. Tidak semua anak tinggal di tengah kota, ada juga beberapa diantara mereka yang tinggal di pinggiran kota seperti daerah yang dekat pantai yang masih terjangkau kendaraan umum. Dari sini kamu bisa mengenal tempat baru, lingkungan yang berbeda dengan tempat tinggalmu, dan masyarakat yang baru melalui keluarga anak didikmu.

Menjadi guru privat juga mengisi waktumu dengan hal yang bermanfaat. Hal ini tentu jauh lebih baik dari pada kamu mengisi waktumu dengan hanya menonton film seharian atau berjalan-jalan di mall tanpa belanja. Mengajar privat membuatmu memanfaatkan waktu dengan hal yang produktif dan bermanfaat. Jadi, kamu tidak hanya menghabiskan waktumu dengan hal yang kurang bermanfaat.

mendapatkan-uang-saku-ngajar-les-privat

Menambah uang saku juga salah satu hal positif yang bisa kamu peroleh dengan menjadi seorang guru privat. Bahkan menjadi guru privat bisa menjadi penghasilan tambahan yang cukup besar untukmu. Jika kamu serius menekuninya. Misalnya saja mengajar seorang anak dengan pertemuan satu kali seminggu. Berarti dalam sebulan kamu akan mengajar empat kali dan biasanya guru privat itu dibayar per pertemuan. Bayangkan saja jika kamu mempunyai 30 sampai 50 anak didik dalam sebulan. Menjanjikan bukan?

Hal baik lain sebagai seorang guru les privat adalah kamu akan sering dirindukan oleh orang lain. Mereka adalah anak-anak didikmu. Kalau kamu sudah menjadi seorang guru les privat favorit mereka, maka kamu akan menjadi yang paling penting bagi mereka. Bahkan anak-anak lebih mendengar apa yang dikatakan oleh gurunya dari pada orang tua mereka sendiri. Itulah bentuk kepercayaan seorang anak kepadamu. Kalau begini maka kamu akan menjadi idola mereka, bahkan bisa menjadi salah satu penyemangat belajar mereka.

Nah, sayangnya banyak orang yang masih meremehkan profesi guru privat. Padahal, seorang guru privat juga seorang pendidik yang menjadi ujung tombak keberhasilan seorang anak didik. Guru privatlah yang benar-benar memahami anak didiknya satu persatu. Profesi guru privat ke rumah siswa paling banyak dilakoni oleh mahasiswa, karena waktu mereka lebih fleksibel sehingga bisa menyesuaikan jadwal dengan anak didiknya. Kini banyak juga guru sekolah yang mencari tambahan penghasilan dengan menjadi guru privat ke rumah siswanya.

Related posts: