Mengajari Anak Membaca Menulis Berhitung

Sudah bukan rahasia lagi kalau mau masuk SD saat ini harus melalui tes, TES APA? tes baca tulis hitung. Sekolah dasar saat ini sudah tidak mau repot lagi mengajari anak membaca menulis berhitung.

Kalau jaman dulu belajar membaca dan menulis itu dilakukan ketika kelas 1 dan 2 SD dimana sekolah mengajari semuanya. Saat ini sudah berbeda, pekerjaan mengajari calistung dilakukan oleh lembaga-lembaga pra SD.

Apalagi untuk sekolah-sekolah swasta yang ada di kota-kota besar seperti jakarta, bekasi, depok begitu ketatnya masuk sekolah SD dengan mensyaratkan anak bisa materi calistung.

belajar-membaca-menulis-berhitung

Mengajari sang buah hati dengan membaca menulis dan berhitung sejak dini merupakan langkah bijak bagi orang tua untuk menghadapi tuntutan masuk ke sekolah-sekolah yang diinginkan.

Selain itu belajar baca tulis hitung sejak usia dini atau sejak usia sekolah TK bisa membentuk karakter anak menjadi pribadi yang bisa berfikir dan berkarya.

Bahkan beberapa orang tua banyak yang mengikutkan anaknya ke bimbingan belajar yang mengajari baca tulis hitung dengan metode cepat, atau juga memanggil guru privat calistung supaya bisa kepantau langsung sama orang tua dirumah.

Supaya tidak membebankan kepada anak, mengajar baca tulis hitung tidak boleh dengan paksaan. Berikan metode yang tepat yang disukai oleh anak misalnya dengan mengajak bermain sambil belajar.

Berikut ini beberapa tips cara mudah mengajari anak membaca menulis dan berhitung yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk anaknya:

1. Membacakan dongeng atau cerita sambil bermain

Dongeng merupakan salah satu cara yang bagus menstimulasi anak untuk belajar membaca. Dengan dongeng anak bisa bermain untuk belajar mendengar, menambah perbendarahaan kata, serta mengembangkan imajinasi anak.

Orang tua bisa memilihkan buku dongeng yang bagus dan pantas untuk dikonsumsi oleh anak-­anak. Pilihkan cerita yang menarik serta memiliki banyak gambar berwarna sehingga anak­a-anak menjadi penasaran dengan gambar yang ada dalam dongeng tersebut.

2. Memasangkan gambar lucu pada tulisan

Setiap orangtua dapat mencoba cara ini yaitu mengajarkan membaca dengan membuat tulisan bergambar lucu serta menempelkannya pada dinding tempat tidur sang buah hati.

Gambar yang dipakai bisa menyesuaikan dengan gambar favorit sang buah hati. Bila anak kita suka dengan tokoh dalam dongeng atau kartun, ajak tokoh kesukaan mereka dalam belajar membaca menulis dan berhitung yang kita lakukan.

3. Memberi hadiah spesial

Sekali-kali memberi hadiah pada buah hati tidak ada salahnya untuk menambah motivasi belajar, apalagi hadiah yang diberikan sesuatu yang disukai oleh anak-anak kita.

Untuk yang satu ini memang tidak boleh sering dilakukan karena kalau dibiasakan untuk memberi hadiah maka anak akan malas belajar kalau tidak ada hadiahnya.

Demikianlah beberapa tips dari Mutiara College sebagai lembaga penyedia guru les privat ke rumah, semoga sang buah hati menjadi anak yang bisa belajar calistung sesuai dengan yang kita harapkan.