Memanggil Guru Les untuk Kebutuhan Belajar

memanggil-guru-les-privat-ke-rumah

Belajar di sekolah tidak cukup?

Ikut les bisa jadi alternatif tambahan belajar buat kamu yang masih belum paham pelajaran sekolah. Kamu bisa belajar kelompok bersama teman-teman kamu, ikut les tambahan di tempat bimbingan belajar favorit atau memanggil guru les privat ke rumah. Kamu bisa pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebaiknya kamu perhatikan kekuranganmu sebelum memutuskan untuk les tambahan.

Pertama, kamu harus benar-benar paham apakah kamu bisa belajar di tempat ramai atau tidak. Di kelas bimbingan belajar biasanya ada sekitar lima sampai sepuluh orang. Kondisinya memang cukup ramai. Kadang ada juga yang asyik ngobrol sembari les. Kalau kamu tidak nyaman dengan suasana seperi itu, artinya lebih baik kamu manggil guru les privat.

Kedua, perhatikan lokasi rumah atau sekolahmu. Kalau terlalu jauh dari rumah kamu akan kesulitan pulang ke rumah. Kalau kamu punya sopir pribadi atau ada yang busa antar jemput setiap hari tidak masalah, tapi kalau tidak ada lebih baik kamu panggil guru les privat saja. Kalau kamu les sampai malam hari akan bahaya kalau pulang sendirian.

Ketiga, mata pelajaran apa yang ingin kamu pelajari. Kalau kamu mau belajar matematika, bahasa inggris, atau mata pelajaran ujian kamu bisa memilih antara les di tempat bimbingan belajar atau privat dirumah. Tapi, kalau kamu mau les piano, berenang, atau les lain yang sejenis artinya kamu butuh kolam renang sendiri atau piano sendiri untuk belajar. Kalau di rumah sudah ada ya tidak apa-apa, tapi kalau belum jangan memaksa.

Keempat, lihat kantong. Kalau kelas bimbingan belajar biasanya bayarnya per bulan. Kalau les privat bisa dihitung per pertemuan. Nah, cukup tidak budgetmu untuk membayar les. Hitung juga untuk membeli peralatan tambahan seperti buku untuk les, ongkos ke tempat bimbel, atau kebutuhan sampingan seperti camilan. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

Setelah kamu perhatikan keempat hal itu, sekarang kamu tinggal memilah mana yang lebih baik untukmu. Jangan pernah ikut les karena gengsi. Karena ingin dikenal rajin belajar atau sekedar main-main supaya tidak dimarahi orang tua. Ikutlah les tambahan karena memang kamu membutuhkannya.

guru-privat-yang-bisa-di-panggil-ke-rumah

Memanggil guru les privat memang memiliki keunggulan karena jadwalnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa banyak bertanya tentang pembahasan apa saja sampai kamu benar-benar paham. Tetapi, guru les privat biasanya lebih mahal karena bisa dibilang itu kelas eksklusif. Hanya ada satu murid yang diajari oleh guru les privat yang ke rumah, paling banyak dua orang.

Les di tempat bimbingan belajar maupun dengan guru les privat yang ke rumah sebenarnya sama-sama berfungsi sebagai belajar tambahan untuk kamu. Karena belajar di sekolah saja masih kurang, apalagi kalau kamu akan menghadapi ujian atau kalau kamu akan mengikuti ujian masuk universitas. Tentu kamu butuh les tambahan selain belajar kelompok bersama.

Jadi, pilih les tambahan sesuai kebutuhan dan kemampuanmu ya baik dengan ikut kelas bimbel ataupun memanggil guru les privat ke rumah. Hindari belajar karena gengsi atau ingin dianggap rajin ya. Belajar dengan niat karena ingin dipuji hanya akan membuatmu tidak serius dalam belajar. Selain itu, semangatmu juga hanya karena ingin dipuji, lalu setelah tidak ada yang memuji kamu jadi malas.

Selamat belajar…!

Related posts: