Mau Sukses Ujian? Panggil Saja Guru Les Privat ke Rumah

Mau sukses ujian? Panggil guru privat

Sebentar lagi ujian semester nih. Belajar disekolah saja sepertinya tidak akan mampu mengejar ketertinggalanmu. Apalagi kalau akhir-akhir ini kamu sibuk ikut kompetisi, pasti kamu jarang ikut belajar di kelas dan malah sibuk latihan. Wah…..kamu bisa tidak lulus kalau terus begini. Ada baiknya kamu panggil guru les ke rumah nih. Supaya kamu bisa mengejar ketertinggalanmu tapi masih bisa eksis di kompetisi.

Kalau kamu anak yang aktif berorganisasi, kamu harus pandai membagi waktu antara organisasi, sekolah, belajar mandiri, dan bersosialisasi. Sudah menjadi resiko bagi anak yang mencintai organisasi kalau akan sering bolos kelas. Apalagi kalau sedang ada kegiatan besar seperti event daerah, event nasional, bahkan event internasional. Pasti akan menguras tenaga, waktu belajar mandiri pun tersita. Bahkan istirahat pun tidak cukup.

Seringkali organisasi besar seperti OSIS, Pramuka, Paskibra, atau organisasi lain di sekolah memang meminta kita untuk aktif dan ikut semua kegiatan. Karena disanalah kamu belajar bertanggung jawab. Tapi kamu juga tidak boleh lalai dengan kewajiban utamamu sebagai pelajar yaitu belajar. Nah, karena kamu cukup sibuk berorganisasi dengan segala kegiatan didalamnya, kamu perlu belajar tambahan. Kalau ikut kelas bimbel kamu akan sulit mengikuti jadwalnya. Kali ini kamu membutuhkan guru les privat.

Keuntungannya kamu bisa belajar dimanapun, meski bukan dirumah, di tempat kamu berorganisasi juga tidak masalah. Kamu bisa meminta guru privatmu untuk datang kesana. Setelah kamu selesai rapat kerja organisasimu, kamu bisa belajar langsung di tempat itu tanpa harus kemana-mana. Asalkan tempatnya nyaman dan tidak mengganggu konsentrasi belajarmu dan juga guru les privatmu, tidak masalah.

Sebenarnya tempat yang nyaman untuk belajar adalah di rumahmu sendiri. Suasana rumah yang damai dan tenang akan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi dari pada belajar di ruang terbuka untuk umum seperti kafe atau taman. Tapi sesekali dicoba tidak apa-apa. Kalau suasana taman sedang mendukung kamu bisa juga mengajak guru lesmu belajar disana sembari menikmati udara taman yang segar.

Guru les privatmu juga akan mudah menyesuaikan waktu denganmu. Tapi, kamu jangan sering berganti waktu les, gurumu juga pasti ada hal lain yang harus dikerjakan. Sepakati saja kapan waktu yang paling pas untuk belajar. Kalau tidak ada yang cocok berarti kamu perlu memilih antara mengganti guru les privatmu atau mengatur ulang jadwal kamu berorganisasi.

Karena kamu sedang mengejar target ketertinggalanmu sebelum ujian tiba, ada baiknya kamu tambah intensitas waktu belajarmu. Yang biasanya seminggu sekali. Sekarang kamu tingkatkan seminggu 3 kali. Kalau kamu tertinggal terlalu jauh sebaiknya kamu les privat setiap hari. Tapi tetap perhatikan kondisimu ya. Jangan sampai terlalu lelah. Nanti, kamu malah bisa sakit saat ujian. Sayang kan…sudah belajar privat tapi malah sakit saat ujian.

Meski sudah ada guru les privat ke rumahmu, kamu tetap tidak boleh bermalas-malasan. Gurumu hanya fasilotator supaya kamh tidak terlalu jauh ketinggalan mata pelajaran sekolah karena sibuk dengan organisasi. Orang yang akan mengalami ujian adalah kamu sendiri. Jadi, kamulah yang harus membangkitkan semangatmu sendiri. Kalau kamu lulus dengan nilai yang baik, kamu sendirilah yang akan merasakan betapa menyenangkannya hal itu. Tapi, jika kamu lulus dengan nilai standar kamu sendiri juga yang merasakannya. Orang lain hanya membantu termasuk guru les privat yang ke rumahmu itu.

Related posts: