Mau Jadi Guru Privat SD Favorit?

Mengajar anak SD memang susah-susah gampang. Di sekolah mereka kelihatan seperti anak-anak biasa. Tapi tidak ada yang tahu seperti apa mereka di rumah. Inilah hal yang harus diperhatikan seorang guru privat SD. Menjadi guru privat SD perlu langkah-langkah jitu agar anak patuh dan senang bersamamu.

guru-privat-sd

Anak SD itu unik. Mereka berwajah lucu nan polos tapi juga bisa menghisap kesabaran. Sebagai guru privat kamu perlu cara-cara unik untuk mengimbangi perilaku mereka. Untuk itu kamu perlu tips-tips berikut ini:

1. Buat Anak Menjadi Penggemarmu

Anak-anak bisa jadi penggemar setia kalau kamu mampu menarik perhatian mereka. Kalau mereka sudah menyukaimu mereka akan memujimu setiap hari dan menceritakan kelebihanmu pada orang tuanya. Bahkan mereka akan bercita-cita menjadi sepertimu. Karena itu, jadilah idola mereka, supaya kamu lebih mudah mengajak mereka belajar meski disaat mereka sedang tidak mood sekalipun. Anak-anak memang suka mengikuti apapun yang dilakukan idolanya.

2. Ajak Mereka Berimajinasi

Semua anak-anak itu imajinatif. Manfaatkan ini supaya mereka semakin tertarik belajar bersamamu. Masukkan tokoh-tokoh kartun favorit mereka kedalam ceritamu supaya belajar menjadi lebih menyenangkan. Imajinasi juga bisa membuat anak-anak menjadi lebih kreatif. Selain itu juga mempertajam daya ingat. Ajaklah anak berimajinasi supaya mereka tidak merasa bosan kalau sedang belajar. Tugas kamu sebagai guru privat adalah mencari sebanyak-banyaknya cerita imajinasi agar anak tidak hanya dapat cerita itu-itu saja darimu. Dengan begitu mereka akan terus menanti kedatanganmu dengan membawa cerita yang baru.

3. Jadilah Komedian Untuk Mereka

Siapa yang tidak suka nonton komedi. Apalagi anak-anak. Mereka bahkan lebih pintar menjadi komedian dengan acting yang natural. Lucu yang tidak dibuat-buat. Yah….itulah anak-anak. Jadilah komedian bersama mereka. Tertawalah dengan bahagia bersama mereka. Kamu pasti akan jadi teman yang paling mereka sayangi. Karena anak-anak suka tertawa bahkan untuk hal yang menurut kita biasa saja. Mereka adalah anak-anak dengan jiwa yang masih damai, jadi mereka lebih mudah dihibur. Buat lawakan ringan saja, agar mereka tidak merasa dibawah tekanan dalam belajar.

4. Buat Belajar Serasa Bermain

Belajarnya anak-anak adalah bermain begitu juga sebaliknya mereka belajar dari permainan. Apa saja yang mereka pelajari? Banyak. Mulai dari cara mengitung berapa jauh jarak berlari supaya mereka bisa melompat melewati pagar. Mereka juga belajar mengendalikan gerak kaki ketika tiba-tiba didepannya ada anjing saat mereka asyik bermain kejar-kejaran. Mereka belajar dari alam, lingkungan, dan dari apa saja yang mereka lihat dan dengar. Jadi bermainlah dengan mereka.

5. Sesekali Ajak Mereka Jalan-jalan

Waterboom tempat yang cocok untuk belajar berenang. Tapi juga cocok untuk belajar tentang materi manfaat air. Rekreasi itu baik untuk perkembangan kecerdasan dan mental anak. Sesekali ajaklah anak didikmu berlibur bersamamu. Supaya kamu tidak hanya dianggap guru privat saja. Tapi juga sudah dianggap seperti saudara sendiri. Selain itu, dengan berekreasi atau jalan-jalan mereka akan lebih tenang sehingga belajar pun jadi lebih menyenangkan. Anak-anak hanya akan mampu menyerap pelajaran ketika mereka sedang senang bukan sedih atau frustas.

Anak usia SD masih suka bermain dan bercanda. Dunia mereka adalah imajinasu mereka. Untuk menjadi guru privat SD favorit, kamu harus memahami itu semua. Supaya kamu bisa membangun hubungan baik dengan anak didikmu. Kemudian, kamu bisa membimbingnya belajar dengan baik dengan hasil yang baik juga.

Selamat mencoba…..:-)