Les Privat SD SMP SMA, Pengertian dan Manfaatnya

Tahukah anda apa sih sebenarnya pengertian les privat SD SMP SMA dan apa saja manfaatnya bagi putra putri Anda? Pada postingan kali ini blog Mutiara College ingin berbagi tentang definisi, batasan, dan juga kenapa para orang tua perlu menggunakan layanan ini untuk kebaikan prestasi belajar anak-anak.

Mengenal Pengertian Les Privat SD SMP SMA

Les privat, bimbingan belajar, ataupun kursus termasuk dalam kelompok pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh masyarakat. Seperti sudah dimaklumi, ada tiga kelompok model pendidikan yang dikenal dalam system pendidikan nasional. Ada pendidikan formal berupa persekolahan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pendidikan informal berupa interaksi edukasi yang terbangun dalam lingkungan keluarga, serta pendidikan non formal yang dibuka dan dilaksanakan masyarakat.

les privat sd smp sma

Nah, berdasarkan batasan tersebut, pengertian les privat bisa didefnisikan sebagai kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh masyarakat atau swasta dan dilaksanakan di luar sekolah.

Berbeda dengan kegiatan kursus, les privat ataupun bimbingan belajar (bimbel) dilaksanakan dengan mengacu pada kurikulum sistem pendidikan nasional dan terutama dimaksudkan untuk membantu meningkatkan prestasi belajar anak-anak SD, SMP, dan SMA.

Meskipun kegiatan belajar les mengacu pada kurikulum pendidikan namun dalam pelaksanaannya tidaklah mengikuti persis tujuan instruksional yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional. Sistem pembelajaran pada les privat ataupun bimbingan belajar cenderung lebih fleksibel yang disesuaikan dengan tujuan para pesertanya.

Begitu juga bentuk atau lokasi belajarnya bisa dilaksanakan di mana saja sesuai kebutuhan peserta didiknya. Namun di sini ada perbedaan antara les privat dengan bimbel. Jika kegiatan les bimbel dilaksanakan di tempat lembaga bimbel, maka kegiatan les privat dilaksanakan di rumah peserta didik atau mengundang guru les privat ke rumah, di rumah guru atau tentor, ataupun di tempat lain yang disepakati.

Begitu juga bentuk kegiatannya ada yang model “one to one” dimana seorang anak diajar oleh seorang guru dan ada juga yang model kelompok maupun klasikal. Tak sedikit layanan les privat diselenggarakan lembaga bimbel dan ada juga yang diadakan oleh perorangan.

Manfaat Les Privat SD SMP SMA Yang Perlu Dipahami Orang Tua

Setelah mengetahui pengertian dan ruang lingkupnya, yuk sekarang kita menyorot apa saja sih manfaat les privat SD SMP SMA dan haruskah para orang tua mengikutsertakan putra putrinya untuk mendapatkan pelajaran tambahan tersebut?

Berikut sejumlah manfaat les privat bagi anak-anak SD, SMP, SMA yang sebaiknya anda tahu.

1. Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik

Tujuan utama les privat atau bimbingan belajar adalah untuk membantu anak-anak agar lebih memahami dan memecahkan kesulitan mata pelajaran tertentu. Dengan adanya bantuan ini, maka diharapkan prestasi atau kemampuan akademik anak di sekolah dapat lebih meningkat. Apalagi pendekatan dalam les privat lebih bersifat personal dimana anak-anak akan lebih bebas bertanya dan berdiskusi langsung dengan tentor atau guru les privat-nya.

2. Mengisi Waktu Luang

Kegiatan les privat yang dilaksanakan di luar jam sekolah sangat bermanfaat dalam mengisi waktu luang anak-anak agar tidak terpengaruh lingkungan yang kurang kondusif. Pengaturan waktu les yang fleksibel juga bisa disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan anak sehingga pemanfaatan waktu luang dapat terisi aktivitas yang lebih berguna.

3. Untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Belajar Anak

Materi pelajaran pada kegiatan les privat bisa dipilih anak sesuai kebutuhannya. Baik saat akan mengadapi ulangan ataupun memperbaiki kesulitan anak. Dengan teknis dan cara pengajaran yang lebih praktis, anak-anak biasanya akan lebih mudah memahami pelajaran les yang diberikan tentor. Hal ini tentunya bermanfaat dalam meningkatkan focus dan konsentrasi anak-anak dalam menguasai pelajaran yang dirasanya sulit di sekolah.

Demikianlah ulasan tentang pengertian les privat SD SMP SMA dan apa saja manfaatnya bagi putra putri Anda yang semoga dapat menambah wawasan anda.