Kelebihan dan Keutamaan Les Privat yang Sebaiknya Anda Tahu

Kehadiran lembaga bimbingan belajar ataupun les privat merupakan keniscayaan di era modern sekarang. Apalagi dengan makin dinamisnya kehidupan, jumlah lembaga pendidikan non formal semacam ini terus bertambah dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bukan saja dari jumlahnya namun juga keragaman layanan yang disediakan juga makin variatif.

Kebijakan full day school yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang tidak berjalan dan telah ditarik kembali, memperlihatkan besarnya kebutuhan jam belajar tambahan untuk lebih mengoptimalkan potensi anak-anak kita. Terlepas dari pro dan kontra terhadap kebijakan itu banyak orang tua yang mengkhawatirkan pemanfaatan waktu luang usai sekolah.

les privat

Banyaknya kasus kenakalan remaja dan keinginan membentuk karakter anak yang memiliki budi pekerti yang baik merupakan beberapa factor yang melatarbelakangi kebijakan Menteri tersebut. Faktor lainnya yang turut menjadi pertimbangan berkaitan dengan upaya pemerintah untuk lebih mengoptimalkan seluruh potensi anak-anak.

Kesadaran terhadap pemanfaatan waktu luang inilah yang kemudian mendorong banyak pihak merasa terlibat dan ikut bertanggung jawab. Salah satu bentuknya adalah dengan makin suburnya pertumbuhan dan jumlah lembaga bimbingan belajar, les privat, ataupun semacamnya.

3 Keutamaan Les Privat bagi Anak dan Orang Tua

Kehadiran lembaga bimbingan belajar ataupun layanan les privat sangat membantu masyarakat dan orang tua yang membutuhkannya. Nah, berikut ini beberapa keutamaan dan kelemahan lembaga les privat yang sebaiknya diketahui para orang tua.

1. Meringankan Tugas Orang Tua

Baik orang tua yang sibuk bekerja ataupun yang merupakan hasil produk system pendidikan lama yang kesulitan dalam membantu “Pekerjaan Rumah” anak tentunya sangat membutuhkan layanan lembaga pendidikan non formal tersebut.

Selain anak akan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, keberadaan lembaga bimbingan belajar semacam itu akan lebih membantu anak-anak dalam menguasai pelajaran sekolah. Yang lebih penting lagi orang tua akan lebih merasa tenang dalam bekerja.

2. Bisa Memilih Materi Sesuai Kebutuhan

Keragaman layanan bimbingan belajar privat yang ada saat ini memberikan alterantif pilihan yang lebih beragam bagi orang tua atau anak-anak yang membutuhkannya. Ada lembaga yang menawarkan semua mata pejaran dan ada juga yang menawarkan pelajaran tertentu.

Tak sedikit pula lembaga semacam ini yang menawarkan layanan di luar pelajaran sekolah, seperti kursus bahasa asing, bimbingan membaca al Quran, dan bimbingan ketrampilan teknis lainnya. Dengan variatifnya layanan yang ada tentunya akan memudahkan orang tua dalam memilih sesuai yang dibutuhkan.

3. Pengalaman Belajar Anak Lebih Terorganisir

Layanan bimbingan belajar ataupun privat dikelola oleh suatu lembaga dengan waktu dan jadwal yang bisa disepekati bersama. Begitu juga materi juga bisa dipilih sesuai kebutuhan orang tua ataupun anak. Dengan layanan ini anak-anak akan memperoleh pengalaman belajar yang terorganisir di luar jam sekolah. Layanan les privat semacam ini tentunya akan memberikan manfaat yang besar dalam mengoptimalkan seluruh potensi ataupun bakat anak-anak, termasuk dalam pembentukan karakter yang lebih baik.