Guru Privat SMA: Menjadi Tutor dan Teman

Meski anak-anak SMA sudah mulai mandiri bahkan banyak diantara mereka juga ada yang sudah bisa berpenghasilan, tapi mereka tetap saja adalah remaja yang butuh teman. Akan sangat baik kalau ternyata teman terbaiknya adalah gurunya. Yah….Guru privat SMA bisa jadi guru juga sebagai teman lho. Guru privat SMA kan sangat mengerti kondisi anak usia remaja.

guru-privat-sma

Tidak banyak memang, guru yang bisa jadi teman. Tapi, kalau kamu memang berniat jadi teman juga untuk murid privatmu itu akan sangat baik. Anak remaja usia SMP dan SMA adalah jiwa muda yang butuh teman yang mengerti mereka. Nah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa menjadi guru sekaligus teman bagi anak didikmu. Hal-hal itu diantaranya:

1. Pelajari psikologi remaja

Psikologi remaja berbeda dengan psikologi anak-anak dan orang dewasa. Karena jiwa mereka sedang mengalami peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa. Itulah sebabnya mereka mulai mengurangi interaksi dengan keluarga dan mulai memilih bergabung dengan teman-temannya sepulang sekolah. Akhirnya mereka banyak terpengaruh oleh teman-temannya.

2. Jadilah tempat curhat bagi mereka

Remaja mempunyai seabrek problematika hidup. Mereka bukanlah anak alay yang doyan nongkrong di pinggir jalan. Mereka adalah jiwa dengan kegalauan tingkat tinggi yang butuh tempat curhat yang tepat. Begitu kamu berhasil mendapat kesempatan menjadi teman curhatnya. Maka, besok dia akan mencarimu lagi.

3. Jangan banyak menggurui

Remaja itu jiwanya seperti api yang bergejolak. Mereka akan membakar apa saja yang mereka anggap sebagai musuhnya. Dan mereka paling tidak suka didikte untuk melakukan ini dan itu. Maka akan lebih baik, kalau kamu memberinya contoh yang real dan memperlihatkan kepada mereka akibat baik dan buruk dari suatu perbuatan secara nyata.

Misalnya mereka suka merokok diam-diam. Ajaklah mereka ke rumah sakit dan melihat pasien korban rokok baik perokok pasif maupun aktif. Atau perlihatkan mereka video bedah dari praktek kedokteran tentang organ tubuh yang rusak karena rokok.

4. Banyaklah berinteraksi dengan mereka

Jiwa remaja yang labil memang memang membutuhkan tempat untuk berbagi. Mereka perlu menyalurkan tenaga mereka yang masih dalam keadaan performa yang sangat baik untuk disalurkan. Karena itu, jadilah bagian dari interaksinya. Ajaklah mereka menyalurkan hobinya ke tempat yang sesuai.

Misalnya kalau anak-anak suka bercerita tentang motor favoritnya, ajaklah mereka ke tempat yang bernuansa otomotif supaya mereka belajar tentang mesin-mesin motor. Atau bisa juga ajak mereka ke tempat balap motor resmi dan menonton balap motor bersama mereka. Dengan begitu kamu akan menjadi teman bagi mereka, meski mereka juga masih segan kepadamu.

5. Jagalah privasi mereka

Mereka tidak suka berteman dengan orang yang ”mulutnya ember”. Karena remaja juga punya privasi yang harus dijaga. Tidak ada orang yang suka kekurangannya diketahui orang lain. Maka dari itu, kalau kamu sudah menjadi teman dekatnya jangan pernah menceritakan rahasianya kepada siapapun tanpa sepengetahuannya. Karena kamu akan kehilangan kepercayaan darinya dan dia tidak akan menceritakan rahasianya lagi kepadamu.

Guru privat SMA memang bukan keluarga bagi anak-anak didiknya. Tapi, guru privat SMA bisa menjadi teman yang baik bagi mereka dan akan membantu sekuat tenaga mengarahkan anak-anak didiknya ke jalan yang benar. Karena itulah tugas seorang guru termasuk juga guru privat SMA. Jadi, jangan ragu untuk menjadi teman bagi remaja di sekitar kita, tapi dengan cara kita

Chat Kami Via Whatsapp