Guru Les Privat Untuk Prestasi Anak

prestasi-siswa-les-privat

Kita tahu prestasi anak tidak diraih dengan mudah. Ada banya faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan anak dalam hal berprestasi baik berprestasi dalam hal mata pelajaran sekolah maupun bidang lain seperti musik, renang, maupun mengaji. Salah satu faktor anak berprestasi adalah berkat bantuan guru les privatnya. Terlebih jika guru les privat ke rumah ini memang juga punya latar belakang prestasi yang cukup baik.

Ketika kedua orang tua sibuk bekerja, maka guru privatlah yang akan membantu anak belajar. Terkadang si guru datang lebih awal bahkan sebelum si anak pulang dari sekolah. Ia dengan sabar menunggu anak didiknya sampai benar-benar siap belajar lagi.

Belajar di sekolah saja nyatanya tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar anak. Soal-soal ujian yang rumit yang di sekolah kebanyakan diajarkan dengan cara dipecahkan mengikuti rumus dari buku yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Hal ini tentu berbeda dengan cara guru les privat mengajar yaitu dengan mengunakan trik-trik khusus agar anak-anak bisa menyelesaikan soal ujian dengan cepat dan mudah.

Selain itu, guru privat juga lebih sabar dan tekun dalam mengajari anak didiknya. Tentu saja, karena anak ia hanya perlu mengajar satu atau dua orang anak. Jadi, ia bisa lebih fokus. Berbeda dengan guru di sekolah yang harus mengajar hingga 20 orang dalam satu kali mengajar. Guru kelas mesti memecah konsentrasinya untuk memperhatikan 20 orang muridnya. Belum lagi jika ada anak yang berulah. Anak kelas 6 Sekolah Dasar misalnya, si guru harus menjaga kelas supaya tetap tenang sembari menjelaskan rumus matematika yang terbilang cukup rumit dalam suatu pertemuan.

Belajar dengan guru les privat dirasa lebih efektif menurut pendapat sebagian besar orang tua maupun anak didik les privat. Selain lama waktu les yang bisa diatur sesuai kesanggupan anak dan guru, les privat juga bisa bebas memilih belajar bab mana saja yang ingin dipelajari.

Sedangkan, ketika belajar di sekolah bab mata pelajaran harus terus berlanjut meski mungkin ada satu atau dua orang anak yang belum faham benar tentang materinya karena berpacu dengan waktu. Apalagi jika si anak tersebut bukan tipe anak yang berani bertanya kepada gurunya bahwa dia belum sepenuhnya mengerti. Akibatnya, anak itupun akan tertinggal dengan yang lain. Untuk itulah diperlukan adanya bantuan dari guru les privat untuk membantu meningkatkan pemahaman anak tersebut.

Banyak anak yang merasa puas dan senang belajar dengan guru privat yang datang ke rumah. Orang tua yang sibuk bekerja juga tidak lagi khawatir dengan prestasi anaknya karena guru les privat ke rumah ternyata lebih sabar dan tekun. Belajar jadi lebih efektif, sehingga anak tidak tertinggal terlalu jauh dengan teman-temannya bahkan bisa berprestasi. Guru les privat kerumah diyakini mampu mendongkrak prestasi anak di sekolah menjadi lebih baik. Hal ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi para orang tua yang peduli pada pendidikan anaknya.

Sebagai ujung tombak dari prestasi anak, selayaknya seorang guru les privat yang kerumah mendapat apresiasi. Terutama dari lembaga yang menaunginya. Karena guru les privat mengajar dengan waktu yang lebih beraneka ragam dari pada guru yang mengajar di sekolah maupun tempat bimbel. Diperlukan adanya suatu ajang penghargaan bagi guru privat terbaik untuk memotivasi semangat mengajar para guru privat.

Related posts: