Guru Les Privat ke Rumah Apa Kelas Bimbel ya?

Bingung mau memanggil guru les privat atau ikut kelas bimbel? Masalah ini sering dialami para alumni SMA yang akan ikut ujian masuk universitas. Atau anak-anak sekolah yang akan menghadapi ujian kelulusan. Bahkan tidak jarang ada anak yang ikut keduanya sekaligus, baik memanggil guru les kerumah maupun ikut kelas bimbingan belajar tertentu.

guru-privat-atau-bimbel

Baiklah, kita lihat dulu apa sebenarnya bimbingan belajar itu. Menurut Nur Ihsan (2003;30) bimmbingan belajar adalah bimbingan yang diarahkan untuk membantu para individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah akademik.

Jadi bimbingan belajar itu dibuat untuk mempermudah anak-anak sekolah yang punya masalah akademik di sekolah atau bisa juga untuk anak-anak yang ingin nilai akademiknya lebih tinggi lagi atau paling tidak berada diatas rata-rata.

Mudahnya bimbingan belajar itu tempat kamu belajar apa yang kamu butuhkan. Tidak seperti sekolah dimana kamu harus belajar semua mata pelajaran yang kamu sukai maupun tidak. Dalam bimbingan belajar kamu hanya akan belajar mata pelajaran yang menurut nilai di sekolah dan menurutmu sendiri belum cukup baik jika hanya belajar di sekolah.

Standar kelulusan dari Menteri Pendidikan kemungkinan besar akan terus bertambah tinggi. Karena itu belajar tambahan diperlukan karena jam belajar di sekolah yang terbatas. Selain itu, belajar di sekolah juga sangat ramai sehingga tidak semua anak mudah mengerti apa yang disampaikan guru.

Di kelas bimbel biasanya hanya lima sampai sepuluh orang. Isinya teman-temanmu yang kebetulan belajar mata pelajaran yang sama denganmu. Mereka bisa berasal dari sekolah yang berbeda denganmu. Jadi selain belajar lebih banyak, pergaulanmu juga lebih luas. Kamu bisa punya lebih banyak teman dari berbagai sekolah. Seru kan???

Nah, kalau guru pivat yang ke rumah sedikit berbeda. Kamu belajarnya hanya dengan guru les privatmu itu saja. Kalaupun ada tambahan teman sekitar satu atau dua orang saja. Kalau sudah lebih dari itu sama saja dengan kelas bimbel.

Bedanya dengan kelas bimbel adalah disini jadwalnya kamu yang menentukan sedangkan kelas bimbel jadwalnya diatur oleh admin dari lembaga bimbel. Les privat ini kamu bisa mengganti hari kalau kamu sedang tidak bisa belajar pada hari yang biasanya. Disini kamu juga bisa bolak-balik belajar di satu bab yang sama sampai kamu benar-benar paham tanpa takut diejek oleh yang lain atau merasa tidak enak bahkan malu karena tertinggal dengan yang lain. Karena ini adalah kelas privat yang artinya kamulah yang menentukan mau belajar apa.

Sudah jelaskan?

Keduanya sebenarnya sama kualitasnya. Tergantung pengajarnya dan kita yang belajar. Semua harus disesuaikan dengan keperluan kamu, perhatikan kelebihan dan kekurangan dua tipe belajar tambahan ini. Intinya adalah pada kita sendiri.

Apapun metode belajar yang kita pilih pada akhirnya tergantung pada rajin tidaknya kita dalam belajar. Kalau kita tidak sungguh-sungguh apalagi malas belajar maka meski kita ikut belajar tambahan dibanyak tempat pun tidak ada gunanya. Bahkan meski kita punya banyak guru les privat yang datang ke rumah setiap hari pun hanya akan sia-sia. Karena kita sendirilah yang menentukan mau tidaknya kita menjadi lebih baik.

Sekarang ini sebagian besar anak-anak ikut kelas bimbel maupun memanggil guru les privat kerumah untuk menunjang prestasi akademiknya. Bahkan ada satu anak yang mengikuti banyak les dalam satu minggu dan hanya libur ketika hari minggu. Tapi ingat, jangan memaksakan diri. Kalau kamu sudah merasa lelah sebaiknya istirahat dan berlibur. Terlalu memaksakan diri itu tidak baik, meskipun dalam belajar.

Related posts: