Cermat Memilih Guru Les Privat Ke Rumah

memilih-guru-les-privat-ke-rumah

Apa kamu mau memanggil guru les ke rumah? Kalau iya kamu perlu cermat dan teliti. Apalagi buat kamu yang masih anak-anak dan remaja. Bukan hanya harus pinter gurunya tapi juga baik. Karena tidak cuma sekali kamu akan bersamanya, tapi berkali-kali. Jadi harus kamu lihat bibit, bebet, dan bobotnya.

Mencari guru les itu anggap saja kamu sedang cari jodoh. Carilah guru yang bukan cuma bisa mengajar mata pelajaran tapi juga bisa menjadi teman bagi kamu. Artinya si guru juga harus bisa menjadi tempat kamu berbagi cerita. Maka dari itu kamu tidak boleh asal-asalan memilih guru les privatmu.

Nah, kamu perlu mempertimbangkan hal-berikut ini sebelum menerima seseorang sebagai guru les privatmu.

1. Pastikan kamu tahu identitas lengkapnya

Meskipun calon guru les privatmu itu merupakan rekomendasi dari tempat bimbingan belajarmu, kamu tetap harus tahu secara lengkap alamat dimana calon gurumu itu tinggal, alamat orang tuanya, dan tempat kuliahnya kalau masih kuliah atau tempat kerjanya kalau sudah kerja. Kamu perlu tahu informasi yang bisa memperlihatkan kualitas calon guru les privatmu itu.

2. Kamu perlu tahu pengalaman mengajarnya

Nah, ini salah satu faktor penting untuk mengetahui kualitas calon guru privatmu. Yang perlu diperhatikan bukan hanya jumlah tahunnya, tapi juga dimana calon guru itu pernah atau sedang mengajar. Lalu perhatikan, apakah sering berpindah-pindah tempat kerja atau tidak. Tanyakan alasannya kenapa pindah mengajar atau berhenti mengajar disuatu tempat.

3. Cari tahu juga teman dekatnya

Pernah dengar kan kalau kamu adalah sebagian dari teman-temanmu. Yups…karena itu cari tahu teman dekat si guru. Dengan begitu kamu akan tahu seperti apa guru les privatmu itu. Karena setiap orang pasti mendapat pengaruh dari orang lain. Nah, yang paling berpengaruh pada karakter orang itu adalah teman-teman dekatnya. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengetahui karakter calon gurumu itu.

4. Punya prestasi apa saja

Kalau kamu mau belajar matematika maka belajarlah dengan orang yang mengajar matematika. Memang ada beberapa orang yang bisa menguasai beberapa mata pelajaran sekaligus. Tapi, lebih baik jika linier. Kalau kamu belajar bahasa Inggris dengan orang yang sudah pernah mendapat prestasi tentang bahasa Inggris atau kuliah di bidang bahasa Inggris. Tujuannya untuk memastikan bahwa kamu belajar dengan orang yang memang memahami mata pelajaran yang kamu butuhkan. Akan lebih baik lagi jika si guru itu memang berprestasi. Kamu bisa tertular semangat prestasinya.

5. Statusnya
Status apa? Sudah menikah atau belum? Ini penting untuk membangun keakraban kamu dengan guru privatmu. Kalau belum menikah berarti kamu dan calon gurumu itu bisa lebih fleksibel dengan waktu. Akan berbeda kalau sudah menikah karena artinya guru privatmu punya tanggung jawab untuk keluarganya.

Kalau kamu sudah tahu detail informasinya kamu bisa mulai mengajaknya mendiskusikan jadwal pertemuan kalian. Berapa kali dalam seminggu dan apa saja yang ingin kalian diskusikan. Jangan lupa catat nomor telpon atau ponsel guru privatmu supaya kamu bisa memberitahunya jika suatu saat kamu tidak bisa les privat karena ada tugas lain.

Guru privat akan menjadi sahabatmu menghadapi soal-soal rumit dari sekolah. Jadi pastikan kamu nyaman dengannya. Jangan sampai sebaliknya, kamu sudah mengundang guru les privat ke rumah dengan biaya yang lebih tinggi dari belajar di tempat bimbingan belajar, tapi kamu malah tidak nyaman. Karena itu kamu perlu cermat dan teliti sebelum menerima guru privat kerumahmu.

Halo! ada yang bisa kami bantu

Chat Via WhatsApp