Cara Mudah Belajar Membaca

Sebagai orang tua kita harus memperhatikan bagaimana cara mengajari anak supaya bisa membaca dan menulis, saat anak masuk TK kondisi saat ini mengharuskan anak bisa membaca dan menulis. Apalagi bagi anak yang mau masuk SD.

Masuk SD sudah harus bisa baca? itu memang tidak aneh apalagi di kota-kota besar sepeti jakarta. Aktivitas belajar di sekolah tidak bisa sepenuhnya diandalkan karena belajar membaca memang harus kontinu dan orang tua berperan untuk mendampinginya.

Cara Mudah Belajar MembacaKetika di rumah, kita sebagai orang tua harus meluangkan waktu untuk mengajari anak membaca dengan mengulang materi di sekolah, mengajari dengan penuh kesabaran merupakan syarat wajib dalam menghadapi anak-anak.

Berikan cara-cara yang membuat anak senang untuk belajar membaca dan menulis, dengan metode yang menyenangkan anak akan termotivasi untuk belajar membaca.

Berikut beberapa cara mengajari anak agar senang membaca.

Membaca Dengan Bercerita
Membaca dengan cara ini bisa kita lakukan dengan cara membaca buku-buku cerita bergambar. Dengan begitu anak akan ikut merasakan karakter-­karakter yang ada dalam buku cerita tersebut.

Membaca Sambil Bernyanyi
Mengajari membaca sambil bernyanyi bukan hanya menyenangkan anaknya tetapi orang tua juga ikut senang, apalagi orang tua yang suka nyanyi cocok dehhh. Sebagai contoh membaca huruf abjad sambil dinyanyikan. Cara ini cukup efektif, karena anak lebih mudah untuk mengingatnya.

Menggunakan Karpet Huruf
Milikilah karpet yang mempunyai gambar dan melambangkan huruf dan angka. Selain dipakai untuk bermain bisa juga dipakai untuk belajar membaca. Cara ini bisa disebut efektif karena anak belajar sambil bermain.

Belajar Membaca Setiap Hari
Belajar membaca secara kontinu tentu lebih baik, sebagai orang tua kita harus bisa menyempatkan waktu untuk mengajari anak membaca baik siang atau malam. Jangan lama-lama cukup 1/2 jam saja setiap harinya.

Jangan Memaksakan Kehendak
Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, jangan memaksakan kehendak kita supaya anak bisa membaca. Kadang-kadang kita suka membandingkan dengan anak lain yang sudah bisa membaca, hal itu tidak baik karena anak akan belajar dengan terpaksa.

Memahami Mood Anak
Pilihlah waktu belajar yang pas dengan mood anak, kita harus tahu kapan anak semangat untuk belajar. Jika anak lelah, lapar atau ngantuk sebaiknya tidak diajak belajar karena percuma belajar jika kondisi anaknya seperti itu malah akan membuat kita emosi.

Berilah Pujian
Berilah pujian ketika anak sudah bisa membaca walaupun hanya sedikit-sedikit. Memberi hadiah juga tidak masalah asal jangan terlalu sering, memberikan hadiah khusus untuk target-target tertentu. Jika anak salah kita harus bersabar dalam membimbingnya.

Itulah beberapa tips mengajari anak membaca dari bimbingan belajar mutiara college penyedia guru les privat baca tulis hitung.