Cara Belajar Efektif Untuk Anak

Menerapkan cara belajar efektif pada anak tidaklah begitu sulit. Dengan menerapkan metode belajar yang sesuai dengan karakter siswa akan membuat belajar lebih efektif dan efisien. Baik itu untuk anak-anak setingkat TK atau usia SD. Cara belajar efektif harus diketahui baik oleh orang tua ataupun guru.

Cara Belajar Efektif Untuk Anak

Memberi contoh yang nyata

Meniru adalah salah satu belajar efektif yang dilakukan oleh setiap manusia. Begitupun untuk anak sekolah dimana mereka akan melakukan pengamatan pada sesuatu yang dianggap menarik dan mereka akan mnirukan sesuatu yang dilihatnya. Maka dari itu guru dan orang tua harus memberi contoh yang nyata dalam mengajari anak.  Pikiran anak akan terbentuk dari apa yang kita katakan dan kita lakukan.

Berikan anak lingkungan yang baik, karena lingkungan akan memberi pengaruh kuat pada perkembangan anak. Begitupun dengan nonton televisi, berilah tontonan yang baik dan berikan pendampingan pada saat anak menonton tv. Hal seperti ini akan memberi sinyal positif pada tumbuh kembang si kecil. Dalam hal ini peran orang tua yang paling utama karena orang tua menjadi contoh bagi anaknya.

Beberapa manfaat dari cara belajar efektif ini yaitu anak memiliki pondasi yang baik dalam belajar dengan cara meniru kan sesuatu. Perilaku yang baik pada anak akan tumbuh dengan cara meniru hal-hal yang baik dari orang tua. Misalnya ketika orang tua membantu orang lain yang membutuhkan, maka kepekaan sosial pada anak akan tumbuh sampai dewasa.

Belajar dengan Eksperimen

Mengeksplorasi sesuatu merupakan hal yang di senangi oleh anak-anak. Menjadi efektif apabila anak belajar dengan cara bereksplorasi dan bereksperimen. Salah satu contohnya ketika anak diajak bereksperimen untuk mencampurkan warna merah dan putih maka hasilnya akan menjadi warna pink.

Manfaat dari cara belajar dengan bereksperimen yaitu anak akan mengalami langsung kejadian yang sedang dipelajari. Sehingga belajar menjadi lebih bermakna jika dibandingkan dengan cara belajar dari mendengar atau membaca. Cara belajar seperti ini merupakan jawaban langsung dari rasa keingintahuan anak.

Cara belajar dengan eksperimen diperlukan arahan dari guru atau orang agar anak tidak mencoba belajar hal-hal yang salah. Belajar melalui percobaan akan mengajarkan anak untuk mengalami proses, sehingga menumbuhkan kreativitas dan rasa ingin tahu pada anak.

Belajar dengan terintegrasi

Otak pada anak berbeda dengan orang tua, proses belajar akan membentuk sambungan-sambungan di dalam otak dari apa yang mereka pelajari dan mereka lakukan sebelumnya. Dimana anak sudah bisa menggabungkan apa yang mereka pelajari dengan contoh-contoh melalui eksplorasi dan eksperiman yang dapat membentuk informasi baru.

Begitulah cara belajar efektif pada anak. Mereka bisa menggunakan apa-apa yang telah mereka pelajari untuk membuat generalisasi. Pemahaman yang baru bisa dimanfaatkan dalam situasi yang baru dan berguna untuk memecahkan masalah yang baru.

Baik orang tua ataupun guru harus memberi umpan balik yang positif kepada anak. Perhatikan baik-baik apa yang mereka dengarkan dan mereka lakukan. Responlah dengan baik semua pertanyaan atau tanggapan pada sesuatu yang mereka katakan.