Agar Menjadi Guru les Privat SMP Masa Kini

guru-privat-smp-masa-kini

Anak-anak SMP adalah remaja tanggung yang banyak ingin tahu dan mulai suka mencoba hal-hal baru. Untuk itu mereka juga diajarkan bergaul yang sehat. Salah satunya mengarahkan mereka untuk memanggil guru les privat SMP untuk belajar. Guru les privatnya pun harus yang gaul dan up to date.

Apa itu guru yang up to date?

Guru SMP harus mampu memahami psikologi anak remaja usia sekolah menengah pertama. Dalam rentan usia ini biasanya mereka lebih suka berkelompok dengan teman-temannya. Belajar pun bersama-sama. Tapi, guru privat tetap dibutuhkan untuk memandu mereka belajar. Kalau tidak ada guru yang mengawasi dan memandu bisa-bisa mereka hanya akan lebih banyak curhat.

Karena itulah biasanya mereka meminta guru privatnya untuk membantu mereka belajar dalam kelompok. Biasanya paling sedikit dua sampai lima orang. Jumlah anak ini masih bisa disebut sebagai kelas privat bagi mereka. Karena selain belajar mereka juga bersosialisasi atau bergaul. Anak usia SMP lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-temannya karena mereka sudah mulai ingin mengenal dunia luar.

Anak-anak usia remaja lebih suka dituntun untuk menemukan sesuatu dengan mengetahui prosesnya. Sisi baiknya ini akan membuat mereka lebih ingat dari pada ketika sang guru hanya memberi tahu rumus praktis. Mereka harus diajarkan bagaimana menghitung luas sebuah gedung dari pada memberi memberi mereka rumus jadi yang hanya tinggal memasukkan angka-angka.

Dengan begitu mereka akan paham tentang proses perhitungan dengan benar dan tidak akan pernah lupa. Karena mereka sendiri yang belajar menemukan cara menghitungnya. Kalau hanya hafalan rumus mereka akan ingat sementara saja.

Selain itu, mereka akan faham tentang sebuah materi kalau dikaitkan dengan idola-idola mereka. Anak remaja kan mulai mengidolakan sesuatu atau seseorang. Mereka biasanya mengidolakan artis, atlit, menteri, atau tokoh novel dan tokoh sejarah. Tapi, kadang ada juga yang mengidolakan kakak kelas atau bahkan guru kelasnya. Intinya, setiap remaja itu punya idola.

Buatlah sebuah studi kasus yang seru. Jangan lupa masukkan idola remaja misalnya Aliando Syarief atau Prily Latuconsina dan masih banyak idola remaja lainnya. Mereka akan lebih bersemangat karena ada nama idola mereka dalam proses belajar mereka. Mereka juga akan lebih mengingat materi yang diberikan oleh guru les privatnya.

Remaja juga suka tempat-tempat baru. Mereka adalah jiwa-jiwa yang haus akan hal-hal baru dan segala hal yang baru. Jiwa petualang yang ingin dipenuhi itu kadang membuat mereka terjerumus kedalam hal-hal yang salah. Nah, tugas para guru termasuk juga guru les privat adalah menuntun dan mengarahkan mereka.

Ajaklah mereka belajar bersama di tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Belajar disebuah restoran bertema alam juga bisa. Atau ajak mereka belajar di tempat wisata alam yang tenang. Misalnnya di daerah pegunungan atau perbukitan. Mereka pasti jenuh dengan suasana kota yang macet dan padat. Sesekali belajar langsung bersama alam akan menyegarkan pikiran mereka juga lho. Mereka juga bisa tambah kreatif.

Menjadi guru privat les SMP memang harus banyak ide. Selain harus banyak ilmu, juga harus kreatif. Terkadang anak-anak SMP suka bertanya hal-hal yang diluar nalar. Mereka kadang benar-benar ingin tau tapi kadang juga cuma sekedar ingin tahu kemampuan gurunya. Karena itu jadilah guru les privat SMP masa kini yang up to date dan kreatif. Supaya anak didikmu tidak jenuh dan terus bersemangat belajar bersamamu.

Chat Kami Via Whatsapp